KEUTAMAAN SOLAT SUNNAH SEBELUM SUBUH
Sholat sunnah qobliyah subuh atau solat sunnah Fajar iaitu dua raka’at sebelum pelaksanaan sholat Shubuh adalah di antara sholat rawatib. Yang dimaksud sholat rawatib adalah sholat sunnah yang dirutinkan sebelum atau sesudah solat wajib. Sholat yang satu ini mempunyau keutamaan yang besar, sampai ketika safar pun, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam terus menerus menjaganya. Bahkan ada keutamaan besar lainnya yang akan kita temukan.
Dalam Shahih Muslim telah disebutkan mengenai keutamaan sholat ini dalam beberapa hadis, juga dijelaskan anjuran menjaganya, begitu pula diterangkan mengenai ringkasnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam melakukan sholat tersebut.
Sholat Sunnah Fajar dengan Dua Raka’at Ringan
Dalil yang menunjukkan bahwa sholat sunnah qobliyah Subuh atau sholat Sunnah Fajar dilakukan dengan raka’at yang ringan, adalah hadis dari Nafi’, dari Ibnu ‘Umar yang berkata bahwa Ummul Mukminin Hafshah pernah mengkhabarkan,
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا سَكَتَ الْمُؤَذِّنُ مِنَ الأَذَانِ لِصَلاَةِ الصُّبْحِ وَبَدَا الصُّبْحُ رَكَعَ رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ تُقَامَ الصَّلاَةُ
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu diam antara adzannya muadzin hingga sholat Subuh. Sebelum sholat Subuh dimulai, beliau dahului dengan dua raka’at ringan.” (HR. Bukhari no. 618 dan Muslim no. 723).
‘Aisyah juga mengatakan hal yang sama,
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُصَلِّى رَكْعَتَىِ الْفَجْرِ إِذَا سَمِعَ الأَذَانَ وَيُخَفِّفُهُمَا
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam setelah mendengar adzan, beliau melaksanakan sholat sunnah dua raka’at ringan” (HR. Muslim no. 724).
Dalam lafadz lainnya disebutkan bahawa ‘Aisyah berkata,
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُصَلِّى رَكْعَتَىِ الْفَجْرِ فَيُخَفِّفُ حَتَّى إِنِّى أَقُولُ هَلْ قَرَأَ فِيهِمَا بِأُمِّ الْقُرْآنِ
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu sholat sunnah fajar (qobliyah subuh) dengan ringan. Sampai aku mengatakan apakah beliau di dua raka’at tersebut membaca Al Fatihah?” (HR. Muslim no. 724).
Imam Nawawi menerangkan bahawa hadis di atas hanya kalimat hiperbola iaitu cuma menunjukkan ringannya sholat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dibanding dengan kebiasaan beliau yang biasa memanjangkan sholat malam dan sholat sunnah lainnya. Lihat Syarh Shahih Muslim, 6: 4.
Dan sekali lagi namanya ringan juga bukan berarti tidak membaca surah sama sekali. Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Sebahagian ulama salaf mengatakan tidak mengapa jika sholat sunnah fajar tersebut dipanjangkan dan menunjukkan tidak haramnya, serta jika diperlama tidak menyelisihi anjuran meringankan solat sunnah fajar. Namun sebahagian orang mengatakan bahwa itu berarti Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak membaca surah apa pun ketika itu, sebagaimana diceritakan dari Ath Thohawi dan Al Qodhi ‘Iyadh. Ini jelas keliru. Karena dalam hadias shahih telah disebutkan bahawa ketika sholat sunnah qobliyah subuh, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca surah Al Kafirun dan surat Al Ikhlas setelah membaca Al Fatihah. Begitu pula hadis shahih menyebutkan bahwa tidak ada sholat bagi yang tidak membaca surah atau tidak ada solat bagi yang tidak membaca Al Qur’an, iaitu yang dimaksud adalah tidak sahnya.” (Syarh Shahih Muslim, 6: 3).
Rajin Menjaga Sholat Sunnah Qobliyah Subuh
Dan sholat sunnah fajar inilah yang paling Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam jaga, dikatakan pula oleh ‘Aisyah,
أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- لَمْ يَكُنْ عَلَى شَىْءٍ مِنَ النَّوَافِلِ أَشَدَّ مُعَاهَدَةً مِنْهُ عَلَى رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الصُّبْحِ
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah menjaga sholat sunnah yang lebih daripada menjaga sholat sunnah dua raka’at sebelum Subuh” (HR. Muslim no. 724).
Dalam lafadz lain disebutkan bahwa ‘Aisyah berkata,
مَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى شَىْءٍ مِنَ النَّوَافِلِ أَسْرَعَ مِنْهُ إِلَى الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْفَجْرِ
“Aku tidaklah pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengerjakan sholat sunnah yang lebih semangat dibanding dengan
sholat sunnah dua raka’at sebelum Fajar” (HR. Muslim no. 724).
Dalil anjuran bacaan ketika sholat sunnah qobliyah shubuh dijelaskan dalam hadis berikut,
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَرَأَ فِى رَكْعَتَىِ الْفَجْرِ (قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ) وَ (قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ)
“Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca ketika sholat sunnah qobliyah subuh surat Al Kafirun dan surat Al Ikhlas” (HR. Muslim no. 726).
Keutamaannya: Lebih dari Dunia Seluruhnya
Adapun dalil yang menunjukkan keutamaan sholat sunnah qobliyah Subuh adalah hadis dari ‘Aisyah di mana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا
“Dua raka’at fajar (sholat sunnah qobliyah subuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim no. 725). Jika keutamaan sholat sunnah fajar saja demikian adanya, bagaimana lagi dengan keutamaan sholat Subuh itu sendiri.
Dalam lafadz lain, ‘Aisyah berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berbicara mengenai dua raka’at ketika telah terbit fajar subuh,
لَهُمَا أَحَبُّ إِلَىَّ مِنَ الدُّنْيَا جَمِيعًا
“Dua raka’at sholat sunnah fajar lebih ku cintai daripada dunia seluruhnya” (HR. Muslim no. 725).
Hadis terakhir di atas juga menunjukkan bahwa sholat sunnah fajar yang dimaksud adalah ketika telah terbit fajar subuh. Karena sebahagian orang keliru memahami sholat sunnah fajar dengan mereka maksudkan untuk dua raka’at ringan sebelum masuk fajar. Atau ada yang membedakan antara sholat sunnah fajar dan sholat sunnah qobliyah subuh. Ini jelas keliru. Imam Nawawi mengatakan,
أَنَّ سُنَّة الصُّبْح لَا يَدْخُل وَقْتهَا إِلَّا بِطُلُوعِ الْفَجْر ، وَاسْتِحْبَاب تَقْدِيمهَا فِي أَوَّل طُلُوع الْفَجْر وَتَخْفِيفهَا ، وَهُوَ مَذْهَب مَالِك وَالشَّافِعِيّ وَالْجُمْهُور
“Sholat sunnah Subuh tidaklah dilakukan melainkan setelah terbit fajar Subuh. Dan dianjurkan sholat tersebut dilakukan di awal waktunya dan dilakukan dengan diringankan. Demikian pendapat Imam Malik, Imam Syafi’i dan jumhur (baca: majoriti) ulama.” (Syarh Shahih Muslim, 6: 3).
Semoga kita semakin bersemangat beramal soleh. Hanya Allah-lah yang memberi taufik.
semoga bermanfaat
Sumber: rumaysho.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar